Imam Nawawi menjelaskan tentang anjuran adzan saat bayi lahir:
اﻟﺴﻨﺔ ﺃﻥ ﻳﺆﺫﻥ ﻓﻲ ﺃﺫﻥ اﻟﻤﻮﻟﻮﺩ ﻋﻨﺪ ﻭﻻﺩﺗﻪ ﺫﻛﺮا ﻛﺎﻥ ﺃﻭ ﺃﻧﺜﻰ ﻭﻳﻜﻮﻥ اﻷﺫاﻥ ﺑﻠﻔﻆ ﺃﺫاﻥ اﻟﺼﻼﺓ ﻟﺤﺪﻳﺚ ﺃﺑﻲ ﺭاﻓﻊ اﻟﺬﻱ ﺫﻛﺮﻩ اﻟﻤﺼﻨﻒ
Sunah untuk diadzani di telinga anak yang baru lahir, laki atau wanita, seperti redaksi adzan Salat berdasarkan hadis Abu Rafi’
* ﻗﺎﻝ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺃﻥ ﻳﺆﺫﻥ ﻓﻲ ﺃﺫﻧﻪ اﻟﻴﻤﻨﻰ ﻭﻳﻘﻴﻢ اﻟﺼﻼﺓ ﻓﻲ ﺃﺫﻧﻪ اﻟﻴﺴﺮﻯ
Ulama Syafiiyah menganjurkan diadzani di telinga kanan dan iqamah di telinga kiri
* ﻭﻗﺪ ﺭﻭﻳﻨﺎ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ اﺑﻦ اﻟﺴﻨﻲ ﻋﻦ اﻟﺤﺴﻴﻦ ﺑﻦ ﻋﻠﻲ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻗﺎﻝ (ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻣﻦ ﻭﻟﺪ ﻟﻪ ﻣﻮﻟﻮﺩ ﻓﺄﺫﻥ ﻓﻲ ﺃﺫﻧﻪ اﻟﻴﻤﻨﻰ ﻭﺃﻗﺎﻡ ﻓﻲ ﺃﺫﻧﻪ اﻟﻴﺴﺮﻯ ﻟﻢ ﺗﻀﺮﻩ ﺃﻡ اﻟﺼﺒﻴﺎﻥ) ﻭﺃﻡ اﻟﺼﺒﻴﺎﻥ اﻟﺘﺎﺑﻌﺔ ﻣﻦ اﻟﺠﻦ
Kami meriwayatkan dari kitab Ibnu Sunni dari Husain bin Ali bahwa Nabi bersabda: “Barang siapa memiliki anak, lalu diadzani di telinga kanan dan iqamah di telinga kiri, maka tidak akan diganggu oleh ummu shibyan”. Ummu shibyan adalah nama jin yang mengikuti anak.
* ﻭﻧﻘﻞ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻣﺜﻞ ﻫﺬا اﻟﺤﺪﻳﺚ ﻋﻦ ﻓﻌﻞ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻌﺰﻳﺰ ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ
Ulama Syafiiyah meriwayatkan hadis seperti ini dilakukan Umar bin Abd Aziz
“Kami tidak mengamalkan adzan untuk anak lahir karena hadisnya dlaif”, kata Salafi selebritis. Walau pun dlaif tetap kami amalkan, sebab seorang Tabiin dan Khalifah dinasti Bani Umayyah (Umar bin Abd Aziz) saja mau mengamalkan, kok bukan siapa-siapa tidak mau mengamalkan?
*Ustadz Ma’ruf Khozin, Dewan Pakar Aswaja NU Center Jawa Timur
Originally posted on 11 October 2016 @ 06:28